DIMENSI EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA SAMARINDA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dimensi dari ekuitas merek, yaitu Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, dan Brand Loyalty memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian smartphone Samsung di Kota Samarinda. Adapun teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling dan penentuan jumlah sampelnya menggunakan teori Ferdinand sehingga diperoleh sampel sebanyak 143. Untuk pengumpulan data instrumen yang digunakan adalah Kuesioner dan telah diuji kualitas datanya dengan menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Kemudian teknik yang digunakan dalam menganalisis datanya adalah regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa seluruh variabel Ekuitas Merek berpengaruh signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian smartphone Samsung di Kota Samarinda ketika diuji secara simultan (bersama-sama). Namun ketika diuji secara parsial variabel Brand Awareness (X1) dan variabel Brand Association (X2) tidak berpengaruh signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian (Y), sedangkan variabel Perceived Quality (X3) dan Brand Loyalty (X4) berpengaruh signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian (Y). Selain itu nilai koefisien korelasinya juga sangat besar, yaitu 0.813 yang berarti hubungan antara variabel bebas yaitu Brand Awareness (X1), Brand Association (X2), Perceived Quality (X3), dan Brand Loyalty (X4) terhadap variabel terikat Keputusan pembelian (Y) adalah sangat kuat.